.quickedit{display:none;}

Minggu, 28 Desember 2014

Resensi Novel Berbakti Kepada Ayah Bunda (Aat Atik)

Nama : Aat Atik Susanti
Kelas : 2 D (113050124 )


Resensi buku : Berbakti Kepada Ayah Bunda
Penulis : Ahmad Isa Asyur


Dalam buku Berbakti Kepada Ayah Bunda ini membahas tentang memuliakan orang tua, anjuran berbakti kepada kedua orang tua, kewajiban berbakti kepada orang tua, hukum birrul walidain atau berbuat baik kepada orang tua adalah wajib. Sekalipun orang tua kita musyrik tetapi kita tetap dianjurkan untuk berbakti kepada mereka, keutamaan berbakti kepada kedua orang tua, Rasulullah bersabda “ Seorang yang patuh kepada Allah SWT dan patuh kepada ibu bapaknya, tempatnya di tempat tinggal para ‘Illyun kelas tertinggi ”. Berbakti kepadaorang tua adalah sebagai penebus dosa besar, “ pekerjaan yang paling dekat dengan Allah adalah berbakti kepada ibu “.
Buku ini juga membahas berkah berbakti kepada orang tua, yaitu “ Siapa yang ingin dipanjangkan usianya dan dilimpahkan rezekinya, hendaklah ia berbakti kepada kedua orang tuanya dan memelihara silaturahim” (HR Ahmad ). Tetap berbakti meskipun kedua orang tua telah meninggal “ Permohonan ampun seorang anak untuk ayahnya sesudah meninggal dunia, termasuk baktinya “. (HR Ibnu Najja, dikisahkan oleh Malik bin Zurarah r.a. ), membina hubungan baik dengan kawan orang tua termasuk Al-Bir, “ Sesungguhnya bakti anak yang paling utama adalah hubungan baik sang anak dengan keluarga kawan baik ayahnya. Memandang orang tua termasuk ibadah, Rasulullah saw bersabda “ Seorang anak yang memandang kepada kedua orang tuanya dengan pandangan cinta akan dicatat Allah seperti amalan orang yang naik haji mabrur. Berlemah lembut kepada orang tua termasuk Al-Bir, meminta izin kepada orang tua termasuk Al-Bir, berdiri menyambut orang tua termasuk Al-Bir, diri dan harta anak adalah milik ayah, dalam buku ini juga mengulas tentang hal-hal yang dapat membangkitkan bakti anak.
Keridhaan Allah ada dalam keridhaan orang tua, doanya mustajab karena berbakti kepada orang tua. Kewajiban mendoakan orang tua “ Wahai Tuhanku! Sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil “. Sedangkan anak yang enggan mendoakan orang tua dapat menyebabkan kemiskinan, doa orang tua adalah mustajab, dan durhaka kepada orang tua termasuk dosa besar. Terkutuk karena durhaka kepada orang tua, dan anak durhaka tidak akan masuk surga. Amalan anak durhaka tidak akan diterima Allah SWT, anak durhaka mempercepat hukuman  “ Kejahatan yang paling cepat mendapatkan siksa adalah kejahatan terhadap orang tua dan memutuskan hubungan keluarga “. ( HR at-Tirmidzi dan Ibnu Majah), dan Haram durhaka kepada orang tua yang zalim.
Selain itu membuat orang tua sedih dan menangis termasuk durhaka. Rasulullah saw bersabda “Siapa yang membuat orang tuanya sedih maka ia telah durhaka kepada keduanya”. Melotot kepada orang tua juga termasuk durhaka, lalu anak yang durhaka akan sial dan termasuk dosa jika tidak senang kepada orang tua atau menghindarinya. Berdosa pula bagi orang yang memukul orang tuanya, berdosa orang yang mendurhakai sahabat orang tuanya. Dan orang yang paling menderita di hari kiamat ialah, Rasulullah saw bersabda “ Sungguh orang yang paling keras siksanya di hari kiamat adalah siapa yang membunuh seorang Nabi, atau dibunuh oleh Nabi, atau membunuh salah seorang orang tuanya, para juru gambar, dan orang alim yang tidak memanfaatkan ilmunya.”
Anak adalah amanah, buku ini juga membahas tentang permohonan dan mengusahakan mendapat anak, anak-anak merupakan tanaman wangi orang tua di surga, anak merupakan penangkal orang tua dari api neraka. Selain itu sebelum atau sesudah meninggal, anak tetap bermanfaat bagi orang tua, dan orang tua dapat masuk ke surga karena sang anak, “Anak-anak bagaikanturis di dalam surga, mereka akan menyambut kedatangan orang tuanya, memegangi ujung pakaiannya, atau menuntun tangannya, dan tidak akan dilepasnya hingga orang tuanya masuk surga.” ( HR Muslim ). Mengutamakan pendidikan anak, anak-anak wajib dididik dan diperlakukan dengan adil, tidak ada pemberian ayah kepada anaknya yang lebih utama dari budi pekerti yang baik. Tidak boleh bersedih karena mendapatkan anak perempuan, anak merupakan kebanggaan orang tua. Memberi nafkah kepada orang tua dan anak, kewajiban orang tua menafkahi anak-anaknya, menafkahi sesuai kebutuhan.
Menjaga silaturahim, dalam buku ini berisi juga perintah untuk memelihara hubungan silaturahim, hubungan keluarga mendatangkan keberkahan rezeki dan usia” Barangsiapa yang ingin dilapangkan rezekinya, dan dipanjangkan usianya, hendaklah ia memelihara hubungan silaturahim.” ( HR Bukhari dan Muslim ). Dalam buku ini juga berisi kumpulan doa-doa untuk orang tua dan anak.
Orang yang terbaik di antara kalian adalah orang yang paling baik kepada keluarganya, dan akulah orang yang paling baik di antara kalian kepada keluargaku.” Bersilaturahimlah meskipun mereka memutuskanmu. Rasulullah saw bersabda” Sedekah yang paling utama adalah sedekah yang diberikan kepada keluarga dekat yang menyembunyikan rasa permusuhannya kepadamu.” Ruginya jika memutuskan hubungan silaturahim, lalu mengenal nasab dan manfaatnya Umar r.a. berkata “ pelajarilah silsilah keturunanmu, kamu akan tahu asal-usulmu, lalu peliharalah hubungan itu dengan baik.” Buku ini juga berisi kumpulan doa untuk orang tua dan anak.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar