.quickedit{display:none;}

Minggu, 28 Desember 2014

Artikel Feature (Aat Atik)

Nama : Aat Atik Susanti
Kelas : 2 D (113050124 )

SUKSESNYA KELOMPOK TANI RANCA SALUYU

Pada bulan Juni tahun 1996 kelompok tani Ranca Saluyu telah berdiri, kelompok tani ini berada tepat di Desa Cikancas kec. Beber Kab. Cirebon. kurang lebih ada 25 anggota yang aktif dalam kegiatan kelompok tani Ranca Saluyu, dengan adanya kegiatan pertanian ini sangat membantu ibu-ibu anggota kelompok tani. Ujar Ibu Titi Nurhayati selaku ketua kelompok. tani Ranca Saluyu
Selain untuk mengisi waktu luang para anggota pertanian tersebut yang kebanyakan adalah ibu rumah tangga ini juga dapat membantu perekonomian tiap anggotanya. Aktivitas mereka adalah menyemai bibit tanaman sayur-sayuran ketika musim hujan, lalu setelah itu menanam bibit tanaman tersebut, seperti cabe, tomat, terong, kol dan masih banyak tanaman sayuran yang lain. Tutur ibu Titi sambil menyiram tanaman yang ada di kebun kelompok tani Ranca Saluyu,,dengan menggunakan topi sebagai pelindung dari sinar matahari.
Kelompok tani Ranca Saluyu pernah mendapat bantuan dari pemerintah berupa uang sebesar 50 juta rupiah pada bulan November tahun 2014. Dari bantuan tersebut digunakan untuk membangun tempat untuk penyemaian tanaman ( saung ). Selain itu bantuan tersebut juga digunakan untuk membeli tanamandan hewan ternak seperti kambing dan ayam. Kemudian hewan ternak yang dibeli dari bantuan itu selanjutnya akan dibagi rata kepada para anggota kelompok tani Ranca Saluyu untuk dipelihara.
Dari tanaman dan hewan ternak tersebut tiap anggota kelompok akan mendapat keuntungan. Selain untuk dikonsumsi sendiri, juga bisa membantu perekonomian anggota kelompok yaitu dengan menjual sebagian hasil dari yang mereka dapatkan.
Sebenarnya di Desa Cikancas terdapat 5 kelompok tani , yaitu kelompk tani Pangabihian, Angsana, Harapan Mukti dan Ratu domba, termasuk kelompok tani Ranca Saluyu. Kemudian kelima kelompok tani ini tergabung dalam “Gapoktan” yaitu Gabungan Kelompok Tani yang diberi nama Karya Mandiri, yang diketuai juga oleh ibu Titi Nurhayati. Dari kelima kelompok tani ini, ada salah satu kelompok tani yaitu kelompok Ratu Domba yang khusus dalam penggemukan domba. Kata ibu titi sambil tersenyum.
Gapoktan “ Karya Mandiri “ ini berdiri tahun 2008  dan pernah mendapat bantuan PUAP (Program Usaha Agri Bisnis Pedesaan ) sebesar 100 juta rupiah. Selanjutnya bantuan tersebut disalurkan kepada petani yang tergabung dalam kelompok tersebut dengan cara simpan pinjam, untuk modal usaha mereka. Sampai sekarang Gapoktan “ Karya Mandiri “ telah berjalan selama 6 tahun. Selaku ketua gapoktan Ibu Titi sangat bersemangat untuk memajukan kelima kelompok tani yang ada di Desa Cikancas. Dan dengan adanya Gapoktan yang ada di Desa Cikancas ini tentunya sangatmembantu para petani untuk mengembangkan usahanya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar